Jumat, 14 Jul 2017, 15:09:00 WIB, 107 View Hafiz, Kategori : Hiburan


Stepping Stones

Di Kanada ada seorang pelukis yang terkenal karena karyanya yang selalu mengandung suatu ilusi optik. Ilusi optik adalah suatu objek yang dapat mengelabuhi penglihatan pada mata kita. Pelukis itu bernama Robert Gonsalves, atau lebih dikenal dengan nama Rob Gonsalves.

Seperti yang dilansir di lolwot.com, mata kita akan bingung saat melihat lukisan-lukisan karya Gonsalves ini. Antara mata dan otak akan menangkap sesuatu yang berbeda. Seperti apa yaa? Kita lihat saja beberapa lukisan hasil karya pelukis ternama ini yuk.

 

 

BACA JUGA : Asyik Memancing, Tiba-tiba Monster Sungai Muncul di Hadapan

                       6 Pohon Jomblo yang Jadi Tempat Favorit Anak Muda

                       8 Negara Ini Dipercaya Bakal Menguasai Dunia di Masa Depan

                       5 Foto Mencengangkan Orang-orang yang Berusaha Lari dari Kematian

                       5 Negara ini Diam-Diam Ternyata Punya Kekuatan Militer yang Mematikan

 

1. Dasar Laut Atau Pantai

Kita bisa melihat dengan apa yang ada pada lukisan ini. Ada dasar laut yang dipenuhi terumbu karang dan tanaman-tanaman lautnya, kemudian pantai yang juga terdapat gunung-gunung kecil disebelahnya, dan ada juga langit yang dipenuhi awan-awan putih.

Beyond The Reef - (c)lolwot.com

Beyond The Reef 

Awan-awan putih itu, sewaktu-waktu bisa saja terlihat menjadi air di permukaan laut yang beriak. Tapi coba lihat orang yang berenang dibawah permukaan air laut tersebut, dia nampak seperti sedang berenang dan melayang di udara dalam waktu bersamaan.

 

2. Jembatan Atau Kapal Layar

Saat pertama kali melihat lukisan ini, kita bisa menangkap ada jembatan, laut dan kapal layar disana. Ada pula sebuah mobil yang sedang melaju melewati jembatan yang panjang itu. Tapi coba perhatikan apa yang terjadi saat kita melihat ujung dari jembatan tersebut.

Towards The Horizon - (c)lolwot.com

Towards The Horizon

Sekilas jembatan itu terlihat semakin menghilang. Kapal yang berada diujung seakan menjadi sebuah rongga diantara kaki-kaki jembatan. Layar pada kapal tersebut terlihat seperti gulungan ombak yang ada dibawah jembatan. Disinilah letak ilusi optik yang disampaikan oleh sang pelukis.

 

3. Awan Atau Dinding

Ini memang sebuah ruangan di dalam kathedral. Di dinding yang bermotif seperti bebatuan yang tersusun rapih itu, terdapat rongga-rongga pintu yang berjejer dengan rapih. Jika berada di dalam, kita dapat melihat pemandangan di luar dengan leluasa.

Cathedral of Commerce - (c)lolwot.com

Cathedral of Commerce

Tapi coba perhatikan rongga pintu yang berada di ujung sebelah kanan. Jika ditelaah, rongga pintu itu seakan menjadi bangunan, dan bebatuan pada dinding menjadi awan di langit. Kita akan mendapat penglihatan sebuah pemandangan bangunan-bangunan tinggi pencakar langit yang berada di sebuah kota.

 

4. Pagar Atau Balkon

Mungkin saat pertama kali melihat lukisan ini, kamu akan mendapatkan ada seorang anak berbaju merah sedang asik berdiri diatas pagar. Tapi coba perhatikan beberapa anak lainnya yang sedang melewati sebuah jembatan yang menghubungkan balkon yang satu dengan balkon di sebrangnya.

High Park Pickets - (c)lolwot.com

High Park Pickets 

Tapi tunggu dulu, perhatikan jembatan yang dilewati anak berbaju ungu diatas. Ujung jembatan tersebut sekilas terlihat seperti sebuah balkon.Akan tetapi jika ditelaah lebih lanjut, balkon itu juga menyambung ke pagar yang ada di taman tadi.

 

5. Layar Kapal Atau Layang-Layang

Dalam lukisan ini, Gonsalves menampilkan seorang ayah beserta putra-putrinya bermain layang-layang di pinggir pantai. Awan yang berwarna putih itu menunjukkan langit yang begitu cerah, saat cocok sekali untuk bermain layang – layang.

On The High Seas  - (c)lolwot.com

On The High Seas 

Tapi coba perhatikan mereka yang berada di ujung kanan. Apakah mereka benar-benar sedang menarik sebuah kapal layar?. Tentu tidak, ini sebenarnya hanyalah ilusi optik belaka. Layang-layang mereka berada tepat sekali pada bagian dari layar kapal tersebut.

 

6. Layar Kapal Atau Pohon Cemara?

Dalam lukisan ini, kita akan melihat sebuah pulau dengan pemandangan saat sunset yang begitu indah. Di sekelilingnya banyak pohon cemara yang tumbuh di antara bebatuan. Kapal-kapalpun banyak yang berlayar di perairan ini.

Sailing Islands  - (c)lolwot.com

Sailing Islands 

Coba kamu perhatikan yang berada di ujung pulau. Sebagian dari kamu mungkin akan melihat beberapa pohon cemara lainnya. Tapi dari kamu, mungkin juga akan melihat itu bukanlah pohon cemara, melainkan layar dari kapal-kapal tersebut.

 

7. Langit Atau Laut

Ada tiga buah kapal yang sedang berlayar dalam lukisan ini. Dua yang paling belakang memang terlihat sedang berlayar di lautan yang luas. Tapi coba perhatikan kapal yang mempunyai ukuran paling besar, apakah masih terlihat berada di permukaan air?

Sailing The Seas And Sky - (c)lolwot.com

Sailing The Seas And Sky

Ya, burung-burung yang terbang itu membuat kapal layar tersebut seakan sedang berlayar di langit berwarna biru. Kumpulan burung yang sedang terbang itu jika dilihat dari aspek yang berbeda akan menjadi gelombang-gelombang di lautan.

 

8. Pintu Atau Buku

Kita mungkin akan mengatakan, dalam lukisan ini adalah sebuah perpustakaan. Ruang untuk membaca itu dipenuhi tumpukan buku-buku yang halamannya juga sangat tebal. Bangunannya terlihat seperti bangunan kuno, yang memiliki banyak pintu disekelilingnya.

Space Between The Words  - (c)lolwot.com

Space Between The Words

Pintu yang terdapat orang berdiri disana memang terlihat seperti pintu yang terbuka. Tapi tunggu dulu, coba perhatikan pintu-pintu lainnya terutama yang berada di deretan paling akhir. Pintu itu kini nampak menjadi seperti sebuah buku yang berdiri dan halamannya terbuka.

 

9. Batu Atau Atap?

Lukisan ini merupakan yang paling dramatis dari karya Gonsalves. Dia menggunakan beberapa objek, diantaranya adalah beberapa manusia, batu, dan istana. Tipuannya ada pada sungai dan kabut-kabut yang berada disekitar istana.

Stepping Stones  - (c)lolwot.com

Stepping Stones

Kita bisa melihat ada beberapa orang yang berjalan melintasi sungai dengan menapaki bebatuan yang berada disungai tersebut. Akan tetapi dari sisi lain, kita akan melihat ada beberapa orang lagi yang menyebrangi sungai lalu loncat ke atap.

 

10. Langit Atau Bumi

Dalam lukisan, ada sebuah danau yang dikelilingi oleh pohon-pohon cemara dan juga batu-batuan yang berbaris rapih. Bisa kita lihat juga ada seorang wanita yang tengah mengapung di danau tersebut. Tapi tunggu dulu, benarkah ia mengapung di air?

The Phenomenon of Floating - (c)lolwot.com

The Phenomenon of Floating 

Jika diperhatikan dengan seksama, wanita tadi juga terlihat seakan sedang melayang di luar angkasa. Langit berawan putih yang tadi ia pandangi pun, kini seakan menjadi sebuah bumi. Tambahan bintang-bintang itu yang membuat kita bingung saat melihat lukisan ini.

Ilusi optik yang dihadirkan oleh Gonsalves memang sangat keren-keren bukan. Karyanya juga sudah begitu mendunia. Kamu sendiri, sempat bingung atau bahkan tertipu tidak saat melihat lukisan-lukisan karya pelukis ternama dari Kanada ini?



  Tentang Penulis

by : Hafiz
Saye jak urang sempadian, di sambas sinun... hehehe


Rabu, 19 Jul 2017, 22:51:26 WIB Oleh : Hafiz 180 Kali Punya Tampang Pas-Pasan, Pria Ini Hoki Banget Bisa Foto dan Peluk Artis Seenak Jidat

Jumat, 14 Jul 2017, 15:09:00 WIB Oleh : Hafiz 108 Kali 10 Lukisan Yang Bisa Mempermainkan Mata Dan Pikiran Anda

Jumat, 07 Jul 2017, 20:57:18 WIB Oleh : Hafiz 229 Kali 14 Kelakuan Nyeleneh Polisi Indonesia, Awas Gak Bisa Berhenti Ngakak


Senin, 08 Mei 2017, 20:55:51 WIB Oleh : Hafiz 297 Kali 12 Iklan Lowongan Pekerjaan Kocak yang Bakal Bikin Pelamar Kerja Lebih Pilih Nganggur

Senin, 08 Mei 2017, 20:52:51 WIB Oleh : Hafiz 322 Kali 11 Nama Warung Nyeleneh yang Hanya Ada di Indonesia, Dijamin Ngakak!


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment


Oleh : Hafiz 11 Nama Warung Nyeleneh yang Hanya Ada di Indonesia, Dijamin Ngakak! Pada : Senin, 08 Mei 2017, 20:52:51 WIB 322 Kali

Kelakuan orang Indonesia dari dulu memang bisa dibilang nyeleneh-nyeleneh. Mulai dari emak-emak...


Oleh : Hafiz 12 Iklan Lowongan Pekerjaan Kocak yang Bakal Bikin Pelamar Kerja Lebih Pilih Nganggur Pada : Senin, 08 Mei 2017, 20:55:51 WIB 297 Kali

Di zaman sekarang tentunya ada banyak sekali orang yang menantikan lowongan pekerjaan untuk mereka....


Oleh : Hafiz 17 Judul Media Cetak ini Bikin Pembaca Bingung Nahan Tawa Pada : Minggu, 05 Mar 2017, 23:01:01 WIB 246 Kali

Pamor media cetak saat ini sepertinya memang sedang turun. Bagaimana tidak, masyarakat sekarang...