Kamis, 23 Feb 2017, 20:17:00 WIB, 347 View Hafiz, Kategori : Nasional


ilustrasi malam jumat

Satuem.com - Setara dengan malam Minggu, malam Jumat Kliwon juga memiliki popularitasdi kalangan orang banyak, khususnya masyarakat Jawa. Ketenaran hari tersebut bahkan menginspirasi sebuah Production House untuk menciptakan film bertajuk “Malam Jumat Kliwon”. Tentu saja dengan tema horror yang mencekam.

Tak heran jika masyarakat kerap menyangkut pautkan malam tersebut sebagai waktu di mana hantu-hantu muncul. Bahkan, sebagian orang tua tidak mengizinkan anak-anak mereka keluar rumah di malam tersebut karena khawatir bakal ada hal buruk yang menimpa. Entah sejak kapan rumor tersebut mulai tersebar.

Yang jelas, pamor hari tersebut sudah terlanjur dikenal luas. Lantas, apa yang membuat orang Jawa menganggap bahwa malam Jumat sangat dekat dengan hal-hal berbau gaib?

Konon, merupakan malam yang punya kekuatan magis

Sebagian besar orang Jawa sangat percaya bahwa malam Jumat, khususnya Jumat Kliwon merupakan hari yang penuh dengan energi magis yang kuat. Oleh sebab itu, tak heran jika beberapa ritual atau upacara dilakukan pada malam tersebut.

 

ilustrasi malam jumat

Aktivitas yang dilakukan di malam Jumat Kliwon biasanya adalah memandikan keris yang memiliki nilai legenda atau yang dianggap memiliki kekuatan supranatural.  Hari itu juga dipercaya kerap dimanfaatkan sebagian orang untuk mencari pesugihan.

 

Katanya, dedemit pada berkeliaran

Banyak lokasi yang dianggap sebagai tempat bersemayamnya makhluk halus. Konon, di malam Jumat dianggap sebagai waktu di mana hantu-hantu berkeliaran. Hal itu kerap disampaikan oleh pemangku adat. Makanya, biasanya di malam tersebut sering dilakukan ritual untuk meminimalisir gangguan makhluk halus.

 

malam jumat seram

Contohnya saja adanya sesembahan yang diperuntukkan untuk Nyi Roro Kidul di Pantai Parangtritis. Masyarakat setempat melarutkan beragam sesajen dan juga bunga sebagai upaya untuk mendapat keselamatan dan tidak diganggu oleh dedemit yang berkeliaran.

 

Dipercaya kalau arwah leluhur pulang ke rumah

Orang tua, Mbah atau kerabat lain yang telah meninggal dipercaya diberi kesempatan untuk pulang ke rumah pada malam Jumat Kliwon. Hal itu membuat masyarakat Jawa memiliki kebiasaan untuk ‘penyambutan’. Biasanya, mereka memasang sandingan, atau semacam sesaji berupa makanan favorit almarhum selama hidup.

 

Tiap Malam Jumat, konon Arwah orang Meninggal Dunia Akan Pulang

Yang paling umum dijadikan sandingan adalah ikan bandeng dan secangkir kopi di letakkan di ruang tamu. Dipercaya bahwa arwah leluhur yang datang akan menikmati sesaji tersebut dan bahagia. Hingga saat ini, kebiasaan tersebut juga masih dilaksanakan sebagain besar masyarakat Jawa.

 

Meninggal di malam Jumat kliwon dianggap baik

Orang yang meninggal di malam Jumat Kliwon atau malam Jumat lain memang kerap dianggap baik. Mungkin bukan hanya di mata masyarakat Jawa, namun juga para Muslim. Sebab, meninggal di hari Kamis malam atau Jumat merupakan tanda bahwa orang tersebut merupakan orang yang baik.

 

meninggal malam jumat

Diyakini bahwa itu adalah salah satu tanda dari khusnul khotimah, orang yang meninggal di hari itu katanya akan dibebaskan dari siksa kubur. Meninggalnya kerabat di hari tersebut setidaknya membuat yang ditinggalkan merasa lebih tenang.

 

Nah, empat hal itulah yang membuat malam Jumat Kliwon dianggap keramat oleh orang Jawa. Meski begitu kental akan kesan mitos, namun kepercayaan tersebut telah turun temurun diwariskan oleh para leluhur. Dan sepertinya bakal terus dipercaya dari generasi ke generasi selanjutnya.



  Tentang Penulis

by : Hafiz
Saye jak urang sempadian, di sambas sinun... hehehe


Kamis, 16 Nov 2017, 14:41:51 WIB Oleh : Hafiz 124 Kali Wow, Indonesia masuk 3 besar negara dengan wisatawan digital terbesar

Kamis, 16 Nov 2017, 14:36:16 WIB Oleh : Hafiz 125 Kali Indonesia runner up destinasi favorit wisatawan muslim milenial

Kamis, 16 Nov 2017, 13:28:15 WIB Oleh : Hafiz 143 Kali Angka Kemiskinan di Jakarta Diklaim Paling Rendah di Indonesia


Selasa, 10 Okt 2017, 16:32:00 WIB Oleh : Hafiz 204 Kali Inilah Kabar Terbaru Militer Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Makin Bangga dengan NKRI

Selasa, 08 Agu 2017, 19:48:22 WIB Oleh : Hafiz 268 Kali Seandainya SMK Punya Jurusan Meme Sesuai Usulan Pak Jokowi, ini yang Bakal Terjadi


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment


Oleh : Hafiz Menguak Relief Lidah Api Monas yang Diduga Merupakan Nyi Roro Kidul Pada : Kamis, 23 Feb 2017, 20:24:52 WIB 777 Kali

Satuem.com - Dari sekian banyak tempat di Jakarta, Monas bisa dibilang yang paling terkenal....


Oleh : Hafiz 12 Pemimpin Perang Terbaik di Asia Sepanjang Masa yang Disegani Dunia Pada : Sabtu, 25 Feb 2017, 12:21:23 WIB 457 Kali

Satuem.com - Seperti keberadaan seorang kapten dalam tim sepak bola, sepenting itulah eksistensi...


Oleh : Hafiz Paspampres, Pasukan Khusus Pengawal Presiden yang Disegani oleh Militer Amerika Pada : Kamis, 23 Feb 2017, 20:31:29 WIB 442 Kali

Satuem.com - Satu lagi pasukan khusus dari Indonesia yang punya keunggulan hebat dan disegani...