Bukannya merasa senang karena salju, malah hal mengerikan lah yang akan dialami masyarakat kita

Selasa, 28 Feb 2017, 14:40:41 WIB, 499 View Hafiz, Kategori : Nasional


Satuem.com - Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang hanya bisa merasakan musim hujan dan kemarau. Banyak orang Indonesia yang pasti sempat merasa iri dengan negara lain yang memiliki empat musim. Iri ingin juga menikmati indahnya musim semi atau membuat boneka salju saat musim dingin. Berbicara mengenai musim salju pernahkah kamu membayangkan apa yang terjadi bila negara kita turun salju?

Hal itu sebenarnya bukan tidak mungkin untuk terjadi. Jangankan salju, beberapa waktu yang lalu banyak daerah di Indonesia yang dihujani oleh es batu dari langit. Salju cukup mungkin terjadi di Indonesia, seperti ketika di Timur Tengah juga merasakan hal yang sama. Tapi, alih-alih menyenangkan, munculnya salju di negara kita malah bisa dibilang buruk. Ya, jelas ini adalah semacam hal yang tidak wajar dan biasanya sesuatu yang tak semestinya adalah tanda bahwa sedang terjadi hal buruk.

Lalu, apa saja akibat yang bakal terjadi kalau di Indonesia turun salju? Simak ulasannya berikut.

Umur bumi sudah tak lama lagi

Isu mengenai global warming atau pemanasan global yang semakin parah sudah bukan rahasia lagi. Hampir setiap hari para ilmuwan memberikan informasi mengenai es di kutub yang mencair atau perubahan iklim yang ekstrim di beberapa tempat di dunia. Dan bila sampai ada kejadian bahwa sejumlah negara tropis termasuk Indonesia mengalami fenomena hujan salju tentu saja itu bisa mengindikasikan kasus pemanasan global sudah sangat parah.

 

Ilustrasi global warming 

Perubahan musim yang dialami oleh negara-negara di dunia itu salah satunya merupakan efek dari rotasi dan revolusi bumi serta kondisi bumi. Sekarang coba pikirkan ketika negara tropis seperti Indonesia kedatangan salju kira-kira apa yang telah terjadi di permukaan bumi. Tentu itu adalah salah satu bukti bahwa umur planet ini semakin pendek saja dan kemungkinan hal buruk lainnya akan terjadi semakin besar termasuk datangnya kiamat.

 

Beberapa daerah Indonesia akan kekurangan air

Meskipun Indonesia merupakan negara kepulauan, tapi masih ada beberapa daerahnya yang tidak memiliki banyak alternatif sumber air. Misalnya di beberapa daerah timur masih ada lokasi yang mengandalkan satu sumur air untuk persediaan masyarakat satu desa. Bayangkan apa yang terjadi bila musim dingin datang?

 

Ilustrasi sungai beku 

Sumur-sumur atau sumber air satu-satunya tersebut seketika akan membeku. Jika hal itu terjadi kemana masyarakat dapat mencari persediaan air selanjutnya? Masalah ketersediaan air di daerah ini kemudian dapat menjadi hal yang besar. Belum lagi bila musim dingin tadi berlangsung dalam waktu yang lama. Siapa yang bisa diandalkan untuk memberikan mereka air?

 

Banyak masyarakat menderita hipotermia

Orang Indonesia selama ini sudah sangat terbiasa dengan cuaca sedikit panas sehingga persediaan pakaian hangat yang dimiliki pastinya juga terbatas. Saat salju turun, temperatur cuaca seketika akan turun drastis, banyak masyarakat kita yang tidak bisa menghangatkan dirinya dengan baik hingga akhirnya menderita hipotermia.

 

Ilustrasi hipotermia 

Para penderita hipotermia sepertinya akan lebih banyak berasal dari mereka para pengemis ataupun gelandangan yang membeli baju untuk sehari-hari saja tidak mampu apalagi menyediakan baju untuk musim dingin? Kalau pun mereka mendapat pemberian baju, tempat tinggal yang ‘minimalis’ juga akan sulit menghalau hawa dingin dari luar rumah. Bila tidak cepat ditangani penderita hipotermia akan mengalami kematian.

 

Perekonomian negara melemah

Bagi mayoritas orang Indonesia musim dingin dan salju adalah hal yang baru dan banyak masyarakat yang belum tahu bagaimana cara menghadapinya. Bila lingkungan di luar rumah tidak mampu mereka lalui, itu tentunya akan berdampak pada perekonomian negara. Bayangkan bila banyak orang ragu berangkat menuju tempat kerja mereka karena khawatir hal buruk terjadi.

 

Perekonomian melemah 

Tentu saja beberapa pusat perekonomian negara akan lumpuh sampai sang pegawai sudah siap kembali bekerja. Tidak hanya di sektor besar, kegiatan jual beli di pasar-pasar juga akan berhenti karena bahan makanan yang dijual kualitasnya dan kuantitas akan menurun. Nelayan mana yang sanggup melaut bila lautnya beku, dan petani mana yang bisa panen bila lahannya tertutup salju?

 

Ternyata salju tak hanya dapat memberikan keceriaan seperti yang biasa dilihat di tayangan televisi, tetapi malah bisa menyebabkan bencana untuk negara kita. Bagaimanapun juga kita harus tetap waspada terhadap setiap perubahan yang ada di dunia ini baik itu dari segi fenomena alam maupun fenomena sosial.



  Tentang Penulis

by : Hafiz
Saye jak urang sempadian, di sambas sinun... hehehe


Kamis, 16 Nov 2017, 14:41:51 WIB Oleh : Hafiz 166 Kali Wow, Indonesia masuk 3 besar negara dengan wisatawan digital terbesar

Kamis, 16 Nov 2017, 14:36:16 WIB Oleh : Hafiz 183 Kali Indonesia runner up destinasi favorit wisatawan muslim milenial

Kamis, 16 Nov 2017, 13:28:15 WIB Oleh : Hafiz 192 Kali Angka Kemiskinan di Jakarta Diklaim Paling Rendah di Indonesia


Selasa, 10 Okt 2017, 16:32:00 WIB Oleh : Hafiz 288 Kali Inilah Kabar Terbaru Militer Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Makin Bangga dengan NKRI

Selasa, 08 Agu 2017, 19:48:22 WIB Oleh : Hafiz 349 Kali Seandainya SMK Punya Jurusan Meme Sesuai Usulan Pak Jokowi, ini yang Bakal Terjadi


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment


Oleh : Hafiz Menguak Relief Lidah Api Monas yang Diduga Merupakan Nyi Roro Kidul Pada : Kamis, 23 Feb 2017, 20:24:52 WIB 1014 Kali

Satuem.com - Dari sekian banyak tempat di Jakarta, Monas bisa dibilang yang paling terkenal....


Oleh : Hafiz Inilah Kekuatan Militer yang Pernah Membuat Indonesia Menjadi Macan Asia Pada : Jumat, 17 Feb 2017, 19:12:04 WIB 651 Kali

Satuem.com - Di era 1960an pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, Indonesia pernah ditakuti oleh...


Oleh : Hafiz 12 Pemimpin Perang Terbaik di Asia Sepanjang Masa yang Disegani Dunia Pada : Sabtu, 25 Feb 2017, 12:21:23 WIB 585 Kali

Satuem.com - Seperti keberadaan seorang kapten dalam tim sepak bola, sepenting itulah eksistensi...