Selasa, 27 Feb 2018, 09:09:16 WIB, 234 View Hafiz, Kategori : Gaya Hidup


Selama ini status “janda” selalu diasosiasikan dengan hal-hal negatif. Mulai dari perempuan genit yang menggoda para pria hingga sosok lemah yang selalu bergantung pada orang lain. Nyatanya, tidak semua janda di Indonesia memiliki perangai seperti hal yang disebutkan tadi.

6 sosok ini buktinya, mereka rela berprofesi sebagai pekerja kasar—alias melakukan pekerjaan yang biasanya jadi spesialisasi laki-laki, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Alhasil, mereka enggak bergantung pada orang lain dan bisa mengantarkan anak-anaknya menuju pintu keberhasilan. Simak kisah lengkap mereka dalam ulasan berikut.

 

1. Rukha, Sopir Truk Sembako yang trauma untuk menikah lagi

Ketika membaca sekilas nama di atas, mungkin sebagian dari Sahabat Boombastis (Saboom) berpikir bahwa dirinya adalah orang Jepang. Dugaan kalian salah besar, Rukha yang merupakan kependekan dari Rukhayati adalah warga tanah air yang berdomisili di Sumatera Selatan. Tahun ini, ia baru akan menginjak usianya yang ke-21 tahun.

 

Rukha – Janda Sopir Truk Sembako

Meskipun begitu, dirinya telah melalui masa-masa sulit selama tiga tahun terakhir. Pernikahannya gagal akibat KDRT dan ia masih belum memiliki rencana untuk menikah lagi karena trauma. Kini, ia bekerja menjadi sopir truk sembako sembari membantu ibunya berjualan dari jam dua siang hingga sore. Ia pun tak pernah malu dengan profesi serta statusnya. Salut!

 

2. Jarmini, Kuli Bangunan yang rela kerja halal apapun demi kedua anaknya

“Saya hanya buruh, meladeni kebutuhan tukang,” ungkap perempuan 33 tahun asal Wonogiri, Jawa Tengah, seperti yang diwartakan oleh Jawapos.com. Rupanya, Jarmini rela untuk menjadi kuli bangunan demi kedua anaknya. Ia tak ingin pendidikan mereka berhenti di tengah jalan. Setelah berpisah dengan sang suami empat tahun lalu, Jarmini tak tinggal diam.

 

Jarmini – Janda Kuli Bangunan

Ia memiliki prinsip harus bekerja selama badan masih sehat. Alhasil, di tempat kerjanya sekarang, ia sudah pandai mengaduk semen serta mengangkat batu bata yang biasanya dikerjakan oleh para pria. Ia pun tak jarang digoda oleh rekan kerjanya yang notabene adalah laki-laki, namun ia tak memasukkan ke dalam hati dan fokus untuk masa depan kedua anaknya.

 

3. Ade Indrawati, Driver Taksi Online yang dikhianati suami dan perusahaan tempatnya bekerja

Bukan sebuah hal baru jika banyak wanita yang menekuni profesi driver ojek maupun taksi online. Meskipun harus berpanas-panasan narik siang-malam, upah yang menjanjikan membuat mereka bertahan pada pekerjaan tersebut. Namun, ketidakadilan tiba-tiba dialami oleh janda 3 anak ini.

 

Ade Indrawati – Janda Driver Taksi Online

Sudah dikhianati suami sendiri, ia juga masih dapat pengkhianatan dari perusahaan tempatnya bekerja. Dilansir dari wartakota.tribunnews.com, wanita 48 tahun ini rela bekerja tanpa henti dan jarang pulang ke rumah untuk mengejar promo demi bisa membahagiakan anak-anaknya saat lebaran datang. Namun, yang ia terima malah sebaliknya, akunnya dibekukan oleh pihak perusahaan sehingga ia tak bisa bekerja lagi.

 

4. Nur Fatmawati, Sopir Truk Cabe yang bangga karena bisa membantu para pecinta pedas

Meski sama-sama berprofesi menjadi sopir, tingkat kesulitan yang dialami oleh Nur Fatmawati dan Rukha jelas berbeda. Muatan serta wilayah jalan yang ditempuh oleh keduanya pun berbeda, sehingga medan pun tak bisa diperkirakan. Meskipun begitu, keduanya terlihat sangat bangga dengan profesi yang dijalaninya, khususnya Nur Fatmawati.

 

Nur Fatmawati – Janda Sopir Truk Cabe

Janda 33 tahun ini pernah membawa truknya melintasi jalanan menuju Banyuwangi-Situbondo, dan bahkan Mataram serta Palembang. Ia pun mengungkapkan bahwa sopir-sopir truk saling membantu di jalanan, makan saja biasanya bersama-sama karena harus menghemat solar, takut habis di tengah jalan. Ia melakukan pekerjaan tersebut demi anak-anaknya yang masih kecil.

 

5. Syarifah Firdaus, Sopir Dump Truck yang dibanggakan 8 anaknya

Jika Rukha dan Nur Fatmawati hanya mengangkut sembako, wanita asal Jember, Jawa Timur, ini tak segan-segan untuk mengangkut tanah dalam truknya. Ia biasanya menempuh perjalanan dari Jember menuju ke barat. Ketika ditanya, apakah malu memiliki pekerjaan yang biasanya diampu oleh seorang pria?

 

Syarifah Firdaus – Janda Sopir Dump Truck

Syarifah Firdaus menjawab dengan tegas, “tidak.” Bahkan anak-anaknya pun mengizinkan serta bangga dengan pekerjaannya. Ia kerap bercerita bagaimana teman-teman delapan buah hatinya memuji dirinya yang kuat. “The power of emak-emak,” ucapnya bangga.

 

6. Riatun, Buruh Tani yang diberi ‘hadiah’ oleh Presiden Jokowi

Pada tahun 2015 silam, kisah seorang Janda bernama Riatun yang berdomisili di Pati, Jawa Tengah, mendadak viral. Hal tersebut dikarenakan kondisi ekonominya yang tak mumpuni, tapi ia benar-benar bekerja keras untuk menghidupi tiga anaknya yang lumpuh. Berita ini pun sampai ke telinga Presiden Jokowi.

 

Riatun – Janda Buruh Tani

Beruntung, Riatun pun mendapat bantuan dari Pemerintah sebesar Rp20 juta atas kesabarannya dan sikap tidak menyerahnya yang tak pernah luntur selama ini. Dilansir dari detik.com, Riatun bekerja sebagai buruh tani dan tak pernah membawa tiga anaknya ke rumah sakit. Ia menyatakan bahwa keterbatasan biaya yang membuatnya merawat tiga anaknya dengan upayanya sendiri.

 

Setelah melihat kisah enam janda di atas, sudah tak sepantasnya kita menganggap remeh semua single mother di dunia ini. Meski sudah berpisah dari suami, mereka pun tak menggantungkan hidup para orang lain dan terus berusaha untuk menghidupi diri sendiri serta para buah hatinya.

 

Sumber : boombastis



  Tentang Penulis

by : Hafiz
Saye jak urang sempadian, di sambas sinun... hehehe


Selasa, 27 Feb 2018, 09:09:16 WIB Oleh : Hafiz 235 Kali 6 Single Mom Pekerja Kasar Ini Jadi Bukti Bahwa Janda Enggak Selamanya Lemah

Senin, 21 Agu 2017, 11:33:08 WIB Oleh : Hafiz 387 Kali 5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

Kamis, 13 Jul 2017, 21:20:37 WIB Oleh : Hafiz 314 Kali Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat


Kamis, 13 Jul 2017, 21:09:08 WIB Oleh : Hafiz 632 Kali 12 Foto Cantiknya Cewek Makassar ini Bikin Cowok-Cowok Rela Kasih Uang Panai Mahal

Kamis, 13 Jul 2017, 16:30:57 WIB Oleh : Hafiz 473 Kali Serem! 4 Orang ini Jual Makhluk Halus Melalui Sosial Media, Berani Beli?


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment


Oleh : Hafiz 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Pada : Jumat, 07 Jul 2017, 20:14:46 WIB 1296 Kali

Dunia persinetronan tanah air pernah menggeliat pada tahun 2000-an. Saat itu, layar televisi kita...


Oleh : Hafiz Ngawur, Gadis Cantik Ini Bersedia Bayar 5 Juta Bagi Laki-laki yang Sanggup Menghamilinya Pada : Selasa, 11 Jul 2017, 11:00:00 WIB 931 Kali

Di zaman yang serba canggih ini, pergaulan memang lebih dominan dilakukan di sosial media. Jagad...


Oleh : Hafiz Transformasi Cewek Ini Membuktikan Kalau Itik Buruk Rupa Bisa Berubah Jadi Angsa Pada : Senin, 08 Mei 2017, 21:06:37 WIB 810 Kali

Sebagai perempuan, kecantikan memang salah satu hal penting untuk menunjang rasa percaya diri....


Oleh : Heri Fakta Membuktikan Bahwa Wanita Lebih Pintar Berselingkuh Dibanding Laki-Laki Pada : Selasa, 28 Feb 2017, 09:55:30 WIB 547 Kali

Wanita condong lebih rapi serta pintar daripada pria dalam meredam keraguan suaminya. Lewat bukunya...