Minggu, 19 Feb 2017, 20:05:52 WIB, 451 View Hafiz, Kategori : Inspirasi


Satuem.com - Meskipun bumi terlihat tidak kenapa-kenapa, sebenarnya tanpa pernah kita sadari tempat tinggal tercinta ini bolak-balik terancam. Bukan cuma dari dari dalam, tapi juga luar angkasa. Misalnya asteroid-asteroid yang mampir sampai yang paling bikin takut adalah Carrington. Untuk yang terakhir itu ancamannya sungguh tak main-main dan potensi terkenanya besar.

Ya, Carrington adalah fenomena dahsyat di mana matahari memuntahkan energi-energinya yang berbentuk jilatan api ke luar angkasa. Perlu diketahui, matahari ini sangat besar dan kalau dibandingkan dengan bumi maka ibaratnya seperti kelereng dan roda dump truk di penambangan. Maka bayangkan kalau sang surya menembakkan energi-energi liarnya. Dan faktanya, beberapa kali bumi terkena hal semacam itu. Untungnya Tuhan masih ingat kita dan jilatan api tak pernah mengenai bumi secara masif.

Tapi, dikabarkan kalau bumi memang takkan pernah terbebas dari ancaman ini. Perlu diketahui juga kalau Carrington bakal membawa dampak menakutkan seumpama benar-benar pas mengenai bumi. Kabar buruknya, hal tersebut mungkin akan terjadi dalam waktu dekat.

Tentang Badai Carrington

Fenomena badai matahari ini disebut juga Carrington. Richard Christopher Carrington yang pertama kali mengamati jenis kejadian alam tersebut. Ia menyimpulkan bahwa jilatan api pada matahari (Solar Flares) dapat mempengaruhi kematian aktivitas muatan listrik yang ada di bumi serta gelombang partikel yang lainnya. Energi yang dikeluarkan oleh jilatan Solar Flare memang sangat besar, yaitu 6×1025 joule.

 

Solar Flare

Tidak hanya itu, Solar Flare juga aktif di sekitar wilayah bintik matahari. Akibat semburan matahari tersebut, maka sinar X dan radiasi gelombang ultraviolet yang dikeluarkan tidak hanya berbahaya bagi bumi tetapi juga bagi kehidupan manusia. Salah satunya, terganggunya jaringan komunikasi dan listrik yang ada di bumi. Richard Christopher Carrington memprediksi bahwa badai ini akan cukup sering terjadi.

 

Catatan-catatan fenomena Badai Carrington

Badai Carrington bukan fenomena yang sekali terjadi ya sudah, melainkan berulang-ulang selama matahari masih hidup. Makanya, kemudian tercatat ada banyak kejadian yang berhubungan dengan itu dan berdampak langsung pada bumi. Salah satu misalnya adalah rusaknya sistem komunikasi telegraf dunia di tahun 1859 akibat badai ini.

 

Fenomena Badai Carrington

Informasi lain yang disebutkan Badan Antariksa Amerika Serikat pada tanggal 4 Agustus 1972, mengatakan bahwa Badai Carrington menimbulkan rusaknya sistem komunikasi telepon di seluruh wilayah Amerika Serikat termasuk Illinois. Pada kejadian berikutnya, sebuah pembangkit tenaga listrik di Quebec rusak di tanggal 13 Maret 1989 sehingga menyebabkan beberapa mesin tidak berfungsi dan meleleh. Terakhir kali terjadi pada tanggal 5 Desember 2006, tercatat bahwa satelit GOES 13 Amerika Serikat mengalami malfungsi selama sepuluh menit akibat serangan Badai Carrington yang mengganggu sensor pemindai sinar X.

 

Ini yang akan terjadi jika Carrington Sepenuhnya Mengenai Bumi

Berdasarkan studi terbaru yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan, ada beberapa dampak buruk yang ditimbulkan Badai Carrington seumpama energinya mengenai bumi secara penuh. Misalnya, sinar X serta gelombang ultraviolet berkekuatan tinggi yang dihasilkan Carrington akan merusak jaringan satelit sehingga terputusnya komunikasi radio, televisi, telepon serta GPS. Kita akan memasuki lagi masa di mana komunikasi jarak jauh adalah hal yang mustahil.  .

 

Dampak Badai Carrington

Listrik juga dikatakan bakal lenyap gara-gara badai ini. Hilangnya energi terpenting itu jelas melumpuhkan aktivitas manusia. Alhasil, kita takkan bisa melakukan apa pun. Bahkan menyalakan lampu adalah sesuatu yang mustahil. Sudah terbayang ya kehebohan macam apa yang akan terjadi?

 

Prediksi Badai Carrington akan muncul kembali

Badai Carrington mungkin sudah terjadi beberapa tahun lalu, namun bukan berarti hal yang sama takkan terulang lagi. Faktanya, para peneliti sepakat kalau badai menakutkan ini akan berulang lagi di tahun-tahun berikutnya. Tentu ini adalah kabar yang sangat meresahkan dan harusnya tak kita sepelekan.

 

Badai matahari akan terjadi lagi

Untuk waktu terjadinya, tentu tidak bisa diukur secara pasti. Namun diprediksi kalau Badai Carrington akan muncul dalam waktu dekat. Setidaknya 10 tahun dari sekarang. Entah, menghadapi ini kita harus bagaimana. Tak pernah ada program pelatihan untuk bertahan ketika Carrington terjadi.

 

Badai Carrington ini seolah seperti cerita dongeng yang takkan terjadi. Namun, ini nyata dan sudah kejadian berkali-kali. Bahkan peneliti memprediksi kalau badai matahari akan muncul tak lama setelah ini. Yang bisa kita lakukan hanya bersiap-siap saja. Misalnya dengan cara berhemat listrik sebisa mungkin karena mungkin saja kita akan sangat memerlukan kemampuan itu.



  Tentang Penulis

by : Hafiz
Saye jak urang sempadian, di sambas sinun... hehehe



Senin, 10 Jul 2017, 21:42:59 WIB Oleh : Hafiz 228 Kali Sebuah Renungan Mudik: Pergi Disyukurin, Lewat Disumpahin, Datang Dinyinyirin


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment


Oleh : Hafiz 4 Putri Cantik Ustadz ini Berhasil Bikin Pria Berucap Masha Allah Pada : Selasa, 21 Feb 2017, 13:26:26 WIB 1761 Kali

Satuem.com - Banyak yang berpendapat bahwa seorang perempuan boleh dibilang cantik bila dia mampu...


Oleh : Hafiz 5 Preman Bengis Ini Ternyata Juga Baik Hati Pada : Sabtu, 18 Feb 2017, 12:08:36 WIB 637 Kali

Satuem.com - Dunia preman memang terkenal dengan jajaran orang-orang bengis. Beberapa sudah...


Oleh : Hafiz Trappist-1, Tata Surya Tetangga Berisi 7 Planet Mirip Bumi yang Jadi Harapan Baru Manusia Pada : Kamis, 23 Feb 2017, 20:40:43 WIB 584 Kali

Satuem.com - Awal 2017 in NASA sudah membuat masyarakat dunia penasaran dengan iming-iming akan...