Yang nggak suka sama polantas, mesti tau perjuangan mereka nggak main-main

Senin, 10 Jul 2017, 21:30:09 WIB, 154 View Hafiz, Kategori : Sekitar Kita


Sebagai negara yang mayoritas muslim, Indonesia memang memberikan libur panjang pada para pekerja di hari raya. Nggak heran, tiap kali momen lebaran tiba selalu dimanfaatkan dengan mudik ke kampung halaman. Meski demikian, nggak semua pekerja bisa merasakan indahnya liburan Idul Fitri.

Sebut saja polisi yang tetap harus  justru lagi sibuk-sibuknya saat arus mudik. Jauh dari anak istri, bahkan kadang jauh dari cita-cita ikutan pulang ke kampung sendiri. Harus siaga siang malam, para polantas musti sedia tenaga ekstra untuk menjaga keamanan lalu lintas selama musim mudik dan arus balik. Iya-iya, banyaaak sekali cerita menyesakkan dengan oknum polisi. Tapi mari kita tengok, ini lho cerita tentang perjuangan mereka.

 

Lelah sampai rela tidur di rerumputan

Di musim mudik, banyak pilihan transportasi umum yang bisa jadi sarana pulang kampung. Tapi toh, lebih banyak orang yang memilih menggunakan transportasi pribadi seperti motor atau mobil. Alhasil, meledaknya jumlah kendaraan di jalan raya nggak bakal bisa dihindari. Kemacetan juga jadi tradisi tiap tahunnya. Para polantas otomatis harus bekerja lebih keras demi kelancaran mudik masyarakat.

 

Polantas yang klenger sampai tidur di rerumputan

Berkutat dengan panasnya terik matahari dan debu polusi harus dirasakan berkali-kali lipat di momen lebaran. Baru-baru ini, foto beberapa orang polantas yang kelelahan mendadak viral di sosial media. Foto yang diunggah oleh akun sosial media resmi Polri itu menunjukkan polisi yang tiduran di atas kardus bekas, wajahnya ditutup selembar kain sementara handy talky tergeletak begitu saja. Lepas dari stigma polisi yang kerap tercoreng oleh oknum kurang bertanggung jawab, polisi ini juga punya keluarga yang kangen di rumah. Apa daya, tanggung jawab melayani masyarakat harus tetap dijalankan.

 

Makan di tepian jalan tanpa peduli asap kendaraan

Postingan yang diunggah oleh akun resmi Polres tersebut bukan cuma menunjukkan potret polisi yang kelelahan sampai tiduran di rerumputan, ada juga foto di mana beberapa polisi yang tengah melepas rasa keroncongan. Boro-boro ketupat dengan opor ayam atau makan bareng keluarga. Yang begini aja udah luar biasa bersyukurnya.

 

Polisi lalu lintas makan di pinggir jalan

Terlihat beberapa pria berseragam polisi tampak tengah menyantap jatah makan sambil kelesotan tanpa alas duduk. Terlebih, lokasi yang mereka pilih adalah di pinggir jalan raya. Seolah tak peduli dengan asap debu dan polusi kendaraan, mereka tetap lahap mengisi perut karena masih panjang jam mengatur lalu lintas yang harus dijalankan.

 

Bikin para netizen salut

Selama ini, mungkin banyak orang yang kesal pada polantas yang bertugas. Mereka yang berdiri di sekitar jalan raya kerap dianggap sebagai ‘tugas tilang’. Tapi, sejak melihat postingan akun Polres ini, banyak netizen yang mengaku sangat terharu dengan kerja keras para polisi lalu lintas. Setidaknya, ada sekitar 5,2 ribu yang menanggapi foto-foto polisi tersebut.

 

Statusnya jadi viral di sosmed

Ratusan warganet mengaku salut dengan tanggung jawab yang diemban para abdi negara. Nggak jarang pula yang menuliskan harapan agar para polantas diberi kesabaran dan kekuatan selama melaksanakan tugas mengamankan jalanan.

 

Respon para polisi

Menyadari foto beberapa polisi yang lagi viral, beberapa orang rekan polisi juga memberikan komentar bahwa lembur di hari raya merupakan risiko yang harus dijalani dan dinikmati seorang polisi. Walaupun anak istri di rumah sebenarnya membutuhkan kehadiran seorang ayah serta suami.

 

Polantas lagi dinas 

Tapi toh keselamatan dan keamanan masyarakat yang tengah mudik tetap jadi prioritas utama seorang polantas. So, seorang polantas bukan cuma bertugas memberikan keamanan di jalanan tapi juga memberikan pengertian bagi anak istri, yang kudu siap ditinggal dinas di momen-momen lebaran. Duh, curhat banget. Tapi namanya polisi juga manusia, punya rasa punya hati. Tsaaahhh…

 

Ya, tidak semua polisi adalah tukang tilang, makan gaji buta, atau apapun lah yang sering jadi stigma buruk tentang mereka. Meski jarang disadari, tapi andai Polantas tak bertugas, perjalanan mudik bakalan kacau karena rebutan jalan dan tancap gas. Buat kamu yang orang tua atau keluarganya juga berhalangan kumpul karena harus melaksanakan kewajiban kerja, percayalah mereka sama inginnya untuk berlebaran dan silaturahmi. Apresiasi serta doakan mereka agar bisa berkumpul lagi di kesempatan mendatang. Dan untuk bapak-bapak polisi yang bertugas, Bravo polantas Indonesia!



  Tentang Penulis

by : Hafiz
Saye jak urang sempadian, di sambas sinun... hehehe


Senin, 10 Jul 2017, 21:57:53 WIB Oleh : Hafiz 180 Kali 5 Alasan Kenapa Wanita Bandung Selalu Cantik dan Menawan

Senin, 10 Jul 2017, 21:04:51 WIB Oleh : Hafiz 191 Kali Perhatikan 8 Hal Ini Kalau Kamu Ingin Jadi Pramugari Meski Lulusan SMA


Senin, 10 Jul 2017, 20:21:11 WIB Oleh : Hafiz 227 Kali 5 Maskapai ini Punya Servis HOT yang Bikin Penumpang Males Turun

Senin, 10 Jul 2017, 19:48:32 WIB Oleh : Hafiz 201 Kali Perhatikan! 10 Fashion Item Ini Dilarang dan Harus Dihindari Pemakaiannya di Pesawat


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment


Oleh : Hafiz 13 Gambar Penampakan Awan dengan Bentuk Aneh yang Jadi Gonjang Ganjing di Masyarakat Pada : Minggu, 02 Apr 2017, 10:19:01 WIB 733 Kali

Alam selalu menghadirkan kejutan untuk manusia di sekitarnya. Entah itu berupa bencana yang terjadi...


Oleh : Hafiz Obrolan Cinta-Cintaan Anak SD ini Bikin Kita Ngelus Dada Saking Mirisnya Pada : Sabtu, 25 Mar 2017, 17:06:29 WIB 655 Kali

Masa sekolah dasar mungkin jadi saat yang sangat dirindukan oleh banyak orang dewasa ya. Karena...


Oleh : Hafiz Green Anaconda, Ular Terbesar di Dunia yang Lilitannya Bisa Bikin Buaya Takluk Pada : Senin, 03 Apr 2017, 11:44:11 WIB 612 Kali

Hingga kini, ular masih menjadi predator ganas yang menjadi ancaman besar bagi makhluk hidup di...


Oleh : Heri Waspada! 5 Perubahan Tubuh yang Jadi Gejala Kanker Pada : Senin, 13 Feb 2017, 12:02:29 WIB 232 Kali

Para pakar kesehatan dunia sepakat menyarankan agar setiap orang semakin peduli terhadap penyakit...