Tidak hanya terbesar, Anakonda Hijau juga diyakini ular terkuat di dunia

Senin, 03 Apr 2017, 11:44:11 WIB, 698 View Hafiz, Kategori : Sekitar Kita


Hingga kini, ular masih menjadi predator ganas yang menjadi ancaman besar bagi makhluk hidup di sekitarnya. Ular pun memakan apapun di hadapannya, asal mengandung daging. Hewan-hewan kecil seperti tikus, kelinci, bahkan hewan besar macam sapi pun diincar oleh beberapa spesies ular besar. Tak hanya itu, manusia pun jadi target untuk mengenyangkan perut hewan melata itu.

Masih hangat di ingatan kita tentang kasus petani kelapa sawit di Sulawesi Barat yang ditelan bulat-bulat oleh seekor ular piton. Kejadian ini menyadarkan bahwa di sekitar kita masih ada banyak ular berbahaya yang mungkin mengancam. Selain ular piton, ular lain yang tak kalah menakutkan adalah Green Anaconda. Apalagi ukurannya yang disebut-sebut paling besar di dunia. Lalu, seperti apa Green Ananconda atau Anakonda Hijau ini? Berikut pembahasannya.

Ular Terbesar di Dunia                                                 

 

Ular Anakonda Hijau 

Memiliki nama ilmiah eunectes murinus, anakonda hijau mempunyai kemampuan renang yang baik. Ular ini merupakan spesies yang banyak ditemukan hutan hujan di daerah Amerika Selatan. Hingga kini, anakonda hijau masih mempertahankan predikat sebagai ular terbesar di dunia.

 

Tampilan Fisik Anakonda Hijau

Jika ular piton yang menelan petani kelapa sawit panjangnya 5 meter, maka anakonda hijau lebih panjang lagi, yaitu 9 meter hingga 13 meter lebih. Beratnya pun mencapai kisaran 70 hingga 200 kg. Hingga kini, anakonda hijau terbesar yang pernah ditemukan mencapai panjang 17,09 kaki dan berat 215 kg. Penemunya adalah seorang peneliti bernama Dr. Jesus Antonio Rivas, seorang ilmuan yang telah meneliti ribuan anakonda.

 

Green Anaconda

Ciri fisik umum yang dimiliki anakonda hijau adalah kulit yang berwarna olive green dengan bercak hitam di seluruh tubuh. Ukuran kepala anakonda hijau juga lebih sempit dibanding tubuhnya. Bagian kepala terdapat strip kuning dan orange di kedua sisinya. Anakonda hijau juga memiliki mata yang terletak di bagian atas kepala. Hal ini memungkinkan si ular untuk melihat keluar air tanpa memunculkan tubuhnya di permukaan.

 

Kemampuan Memangsa Yang Berbahaya Hingga Kanibalisme

Dikenal sebagai predator paling ditakuti, anakonda hijau memiliki kemampuan bersembunyi yang hebat. Letak mata dan hidung yang berada di kepala bagian atas, memungkinkan hewan ini mengintai mangsa tanpa diketahui kehadirannya. Sepanjang sejarah, belum ada hewan yang tidak takluk pada anakonda hijau. Hewan-hewan seperti tapir, rusa, bahkan jaguar jadi santapan empuk anakonda hijau. Meski kerap memangsa hewan besar, anakonda juga tak menampik bila ada ikan, burung, ataupun hewan mamalia dan reptile berukuran sedang lainnya.  

 

Anakonda hijau melilit seekor buaya 

Kemampuan membelit mangsa adalah kekuatan terbesar anakonda hijau. Selain memangsa hewan apapun di sekitarnya, anakonda hijau juga memangsa kelompoknya sendiri. Kasus yang sering terjadi adalah anakonda betina memangsa anakonda jantan. Mengingat ukuran betina yang lebih besar dan lebih kuat. Kanibalisme ini terjadi karena anakonda betina membutuhkan asupan gizi yang lebih setelah melakukan perkembangbiakan.

 

Habitat dan Perilaku Anakonda Hijau

 

 

Anakonda hijau di darat 

Meski bisa hidup di darat dan di air, anakonda hijau cenderung lebih banyak menghabiskan banyak waktu di air. Terlebih di malam hari, anakonda kerap mengapung di bawah permukaan air dengan sebagain kepala di atas permukaan. Kebiasaan ini juga dimanfaatkan untuk mengintai mangsa yang lewat atau berhenti untuk minum. Sementara target minum di air, anakonda akan melilit tubuh mereka tanpa menelan atau mengunyahnya. Kecepatan gerak anakonda pun lebih cepat dibanding ketika berada di daratan.

 

Dengan tampilan fisik yang paling panjang, dan berat paling besar, serta kemampuan memangsa yang berbahaya, tak berlebihan kalau anakonda hijau dilabeli ular paling menakutkan sepanjang sejarah. Untungnya ular seram satu ini habitat aslinya di Amerika Selatan, kalau juga eksis di Indonesia bisa jadi mimpi buruk.



  Tentang Penulis

by : Hafiz
Saye jak urang sempadian, di sambas sinun... hehehe


Senin, 10 Jul 2017, 21:57:53 WIB Oleh : Hafiz 219 Kali 5 Alasan Kenapa Wanita Bandung Selalu Cantik dan Menawan

Senin, 10 Jul 2017, 21:04:51 WIB Oleh : Hafiz 223 Kali Perhatikan 8 Hal Ini Kalau Kamu Ingin Jadi Pramugari Meski Lulusan SMA


Senin, 10 Jul 2017, 20:21:11 WIB Oleh : Hafiz 270 Kali 5 Maskapai ini Punya Servis HOT yang Bikin Penumpang Males Turun

Senin, 10 Jul 2017, 19:48:32 WIB Oleh : Hafiz 246 Kali Perhatikan! 10 Fashion Item Ini Dilarang dan Harus Dihindari Pemakaiannya di Pesawat


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment


Oleh : Hafiz 13 Gambar Penampakan Awan dengan Bentuk Aneh yang Jadi Gonjang Ganjing di Masyarakat Pada : Minggu, 02 Apr 2017, 10:19:01 WIB 830 Kali

Alam selalu menghadirkan kejutan untuk manusia di sekitarnya. Entah itu berupa bencana yang terjadi...


Oleh : Hafiz Obrolan Cinta-Cintaan Anak SD ini Bikin Kita Ngelus Dada Saking Mirisnya Pada : Sabtu, 25 Mar 2017, 17:06:29 WIB 706 Kali

Masa sekolah dasar mungkin jadi saat yang sangat dirindukan oleh banyak orang dewasa ya. Karena...


Oleh : Hafiz Green Anaconda, Ular Terbesar di Dunia yang Lilitannya Bisa Bikin Buaya Takluk Pada : Senin, 03 Apr 2017, 11:44:11 WIB 699 Kali

Hingga kini, ular masih menjadi predator ganas yang menjadi ancaman besar bagi makhluk hidup di...


Oleh : Heri Waspada! 5 Perubahan Tubuh yang Jadi Gejala Kanker Pada : Senin, 13 Feb 2017, 12:02:29 WIB 262 Kali

Para pakar kesehatan dunia sepakat menyarankan agar setiap orang semakin peduli terhadap penyakit...