Beda penghapus, beda juga fungsinya

Senin, 03 Apr 2017, 11:39:48 WIB, 525 View Hafiz, Kategori : Sekitar Kita


Angkatan 90-an dan 2000-an pastinya merasakan tren unik di sekolah yang berkembang pada zamannya. Ada yang mengoleksi binder, saling tukar biodata hingga isu pulpen narkoba. Ya, buat mengingatnya saja bisa membuat kita senyum-senyum sendiri. Dan benar, peristiwa-peristiwa seperti itu jarang terulang.

Bicara mengenai tren 90-an, kamu pasti ingat mengenai banyaknya jenis penghapus pada masa itu. Berbeda jenis bentuk, beda pula fungsi penggunaannya. Ulasan berikut akan mengingatkan kamu pada penghapus-penghapus legendaris yang sempat menemani masa sekolah dulu.

Penghapus yang diyakini menghapus pulpen

Kalau yang satu ini sangat legendaris untuk angkatan 90-an. Penghapus yang memiliki dua sisi ini, dipercaya salah satu sisinya dapat menghapus coretan pulpen. Namun setelah dicoba, bukan hanya tinta pulpennya saja yang hilang, kertasnya juga ikut juga robek. Mungkin itulah kebodohan kita di masa SD. Entah dari mana mitos tersebut, karena fungsi utama dari bagian kasar penghapus ini sama sekali berbeda dari kita bayangkan.

 

Dikira Penghapus pulpen

Bagian kasar tersebut ternyata berguna untuk menghapus coretan pensil di permukaan yang kasar. Logikanya, kalau menggunakan bagian yang merah atau bagian halus untuk menghapus coretan di kertas di bidang yang sulit, maka kita akan membutuhkan waktu dan energi yang banyak. Sedangkan bila kita menggunakan bagian biru atau kasar, maka akan lebih mudah menghilangkan coretan. Jadi mulai sekarang jangan percaya dengan mitos penghapus pulpen.

 

Penghapus karet yang portable

Penghapus yang satu ini sangat praktis digunakan. Pasalnya kita bisa dengan mudah mencopot dan memasangkan lagi sesuai dengan kehendak. Namun resikonya, sering terjadi kasus penghapus portable ini hilang entah kemana. Penghapus ini biasanya terpasang di bagian ujung sebuah pensil. Tapi kamu mungkin masih ingat kalau penghapus ini tidak bisa digunakan untuk menghapus pensil yang tebal. Bukannya bersih malah kotor kertasnya.

 

Penghapus Portable 

Kalau zaman SD sering terjadi pertengkaran di kelas karena masalah penghapus ini, karena bentuknya yang sama semua dan satu kelas banyak yang memiliki. Kalau satu hilang langsung tuduh teman lain yang mencuri.

 

Penghapus dengan wangi penggoda

Biasanya yang memiliki penghapus ini adalah para perempuan. Penghapus ini memiliki banyak varian bentuk, ada yang kotak biasa ada pula yang berbentuk buah-buahan. Kelebihan dari penghapus ini selain bentuk yang menarik, dia juga mengeluarkan bau yang harum.

 

Penghapus wangi

Banyak orang yang sangat sayang sekali menggunakan penghapus ini karena takut wanginya hilang. Terus kalau tidak digunakan menghapus, mau buat apa?

 

Penghapus Standart Internasional

 

Kalau yang ini benar-benar populer di zaman SD. Pasalnya penghapus ini mempunyai bentuk bendera-bendera negara di bagian tengahnya. Sebenarnya bukan dari buku pelajaran lah anak-anak SD zaman dahulu belajar mengenai bendara di dunia, namun dari penghapus yang satu ini.

 

Penghapus Internasional

Biasanya, dengan menutupi nama negara, saling tebak asal bendera menjadi suatu hal yang umum. Selain itu penghapus yang satu ini memiliki harga yang sangat merakyat untuk kategori anak SD.

 

Penghapus Gawat Darurat

Sebenarnya ini bukanlah sebuah penghapus namun karet gelang biasa. Meskipun remeh, namun pernah menyelamatkan masa sekolah kita dulu. Mungkin karena penghapusnya hilang atau lupa beli, cuma karet gelang yang menjadi opsi terakhir.

 

Penghapus darurat 

Tidak sedikit yang menggunakan cara emergency ini, tinggal melilitkan karet gelang berkali-kali pada pensil, langsung jadilah penghapus instan. Namun jelas kualitasnya jauh dari penghapus yang asli alias masih banyak kotor.

 

Penghapus-penghapus legendaris itu pernah mengisi masa kecil kita, terutama angakatan 90-an. Banyak sekali ternyata hal-hal konyol yang dapat dilakukan dengan penghapus itu. Namun sekarang, mereka sudah jarang ditemui dan telah digantikan penghapus berstandar. Tapi mengingat mereka pernah menemani kita saja, bisa membuat kita tersenyum.



  Tentang Penulis

by : Hafiz
Saye jak urang sempadian, di sambas sinun... hehehe


Senin, 10 Jul 2017, 21:57:53 WIB Oleh : Hafiz 327 Kali 5 Alasan Kenapa Wanita Bandung Selalu Cantik dan Menawan

Senin, 10 Jul 2017, 21:04:51 WIB Oleh : Hafiz 306 Kali Perhatikan 8 Hal Ini Kalau Kamu Ingin Jadi Pramugari Meski Lulusan SMA


Senin, 10 Jul 2017, 20:21:11 WIB Oleh : Hafiz 487 Kali 5 Maskapai ini Punya Servis HOT yang Bikin Penumpang Males Turun

Senin, 10 Jul 2017, 19:48:32 WIB Oleh : Hafiz 363 Kali Perhatikan! 10 Fashion Item Ini Dilarang dan Harus Dihindari Pemakaiannya di Pesawat


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment


Oleh : Hafiz 13 Gambar Penampakan Awan dengan Bentuk Aneh yang Jadi Gonjang Ganjing di Masyarakat Pada : Minggu, 02 Apr 2017, 10:19:01 WIB 1169 Kali

Alam selalu menghadirkan kejutan untuk manusia di sekitarnya. Entah itu berupa bencana yang terjadi...


Oleh : Hafiz Green Anaconda, Ular Terbesar di Dunia yang Lilitannya Bisa Bikin Buaya Takluk Pada : Senin, 03 Apr 2017, 11:44:11 WIB 1046 Kali

Hingga kini, ular masih menjadi predator ganas yang menjadi ancaman besar bagi makhluk hidup di...


Oleh : Hafiz Obrolan Cinta-Cintaan Anak SD ini Bikin Kita Ngelus Dada Saking Mirisnya Pada : Sabtu, 25 Mar 2017, 17:06:29 WIB 964 Kali

Masa sekolah dasar mungkin jadi saat yang sangat dirindukan oleh banyak orang dewasa ya. Karena...


Oleh : Heri Waspada! 5 Perubahan Tubuh yang Jadi Gejala Kanker Pada : Senin, 13 Feb 2017, 12:02:29 WIB 352 Kali

Para pakar kesehatan dunia sepakat menyarankan agar setiap orang semakin peduli terhadap penyakit...