Sabtu, 18 Feb 2017, 11:59:28 WIB, 370 View Hafiz, Kategori : Internasional


Satuem.com - Orang Minang selama ini dikenal sebagai suku dengan adat yang tak lapuk dek hujan tak lekang dek panas. Tak hanya itu, suku yang biasa menyebut dirinya urang awak ini telah melahirkan banyak generasi emas dalam sejarah bangsa Indonesia maupun sejarah dunia.

Salah satu tokoh yang banyak kita kenal adalah sang proklamator, Muhammad Hatta. Tidak hanya menjadi pelopor kemerdekaan, Hatta juga terkenal sebagai ahli diplomasi yang disegani. Pun begitu, beliau terkenal dalam kesederhanaannya yang mengagumkan. Tak berlebihan kalau gelar pahlawan disematkan padanya.

Namun Muhammad Hatta bukanlah satu-satunya urang awak yang dihormati bahkan diabadikan dalam mata uang suatu negara. Tokoh-tokoh lainnya adalah Tuanku Imam Bonjol, Tuanku Abdul Rahman, Tun Yusuf Ishak, dan Sultan Hasanal Bolkiah.

Muhammad Hatta dan Tuanku Imam Bonjol

 

Tuanku Imam Bonjol dalam mata uang rupiah

Muhammad Hatta dan Tuanku Imam Bonjol adalah tokoh pejuang bangsa yang tidak asing lagi. Keduanya sempat diabadikan dalam mata uang rupiah. Muhammad Hatta adalah urang awak yang lahir di Bukittinggi pada 12 Agustus 1902. Sedangkan Tuanku Imam Bonjol lahir di daerah Bonjol, Pasaman, Sumatera Barat.

 

 

Muhammad Hatta dalam mata uang rupiah

Jika Bung Hatta dikenal sebagai sang proklamator Indonesia Tuanku Imam Bonjol adalah ulama dan pejuang penting dalam Perang Padri dengan lawan Belanda (1803-1838). Ia menjadi sosok yang sangat alot ditaklukkan oleh penjajah pada masa itu.

 

Tun Yusuf bin Ishak dalam Dolar Singapura

 

Tun Yusuf bin Ishak

Sosok penting berikutnya adalah presiden pertama Singapura, Tun Yusuf bin Ishak. Beliau adalah anak dari Yusuf bin Ishak yang berasal dari Minangkabau Sumatera Barat. Sedangkan ibunya berasal dari Langkat, Sumatera Utara. Sebelum Singapura memisahkan diri dari Malaysia, Yusuf bin Ishak pernah menjadi Rektor Universitas Nasional Singapura.

 

 

Tun Yusuf Bin Ishaq dalam Dollar Singapura

Tidak hanya itu, ia pernah aktif menjadi wartawan dan perfilman di Negeri Singa itu. Karena berbagai jasanya, sampai kini sosoknya diabadikan dalam lembar uang dollar Singapura.

 

Tunku Abdul Rahman dalam Ringgit Malaysia

 

Tunku Abdul Rahman dalam Uang Ringgit

Dialah tokoh berdarah Minang yang terpilih sebagai Yang Dipertuan Agung (Perdana Menteri) Malaysia pertama. Pembawaan yang berwibawa dibanding raja-raja lainnya, membuatnya dipercaya memangku jabatan tersebut. Jasanya yang paling dikenang adalah berusaha mencapai kemerdekaan dari penjajah melalui perundingan. Tanpa penumpahan darah setitikpun. Atas jasanya itu, ia diberi gelar sebagai Bapa Kemerdekaan dan Bapa Malaysia, bahkan sosoknya diabadikan dalam uang Ringgit Malaysia.

 

Sultan Hassanal Bolkiah dalam Uang Brunei Darussalam

 

Uang bergambar Sultan Hassanal Bolkiah

Tokoh yang satu ini juga keturunan urang awak di Payakumbuh, Sumatera Barat. Dialah Sultan Hassanal Bolkiah yang sosoknya tergambar dalam mata uang negaranya. Termasuk salah satu orang terkaya di dunia, Sultan Bolkiah dikenal sebagai sosok yang dermawan dan cekatan dalam membantu rakyatnya yang kesusahan. Bahkan saat terjadi tsunami tahun 2004 di Aceh, Sultan Bolkiah memberikan sumbangan sekitar 23,5 miliar melalui yayasan yang dibentuknya.

 

Fakta-fakta mengenai keturunan Minang yang berjaya di Indonesia bahkan luar negeri seyogyanya membuat kita bangga dan mengambil pelajaran. Bahwa sebenarnya orang-orang Indonesia termasuk keturunannya mempunyai benih-benih orang yang besar dan sukses. Tinggal memupuk kemampuan dan kreativitas yang kita miliki untuk mencapai kesuksesan itu sendiri.



  Tentang Penulis

by : Hafiz
Saye jak urang sempadian, di sambas sinun... hehehe


Senin, 10 Jul 2017, 19:58:09 WIB Oleh : Hafiz 311 Kali Iklan Seksi Kru Maskapai VietJet Air Pakai Bikini Bikin Heboh

Senin, 24 Apr 2017, 12:12:33 WIB Oleh : Hafiz 206 Kali Luar Biasa, Cina Ternyata Sedang Proses Membangun Masjid Terbesar Ke Tiga di Dunia!

Minggu, 02 Apr 2017, 21:52:03 WIB Oleh : Hafiz 306 Kali 5 Kapal Induk Terbesar di Dunia yang Keberadaannya Bikin Keringat Dingin


Minggu, 02 Apr 2017, 10:11:22 WIB Oleh : Hafiz 549 Kali 7 Fakta VietJet, Maskapai dengan Pramugari Berbikini Seksi yang Bikin Pria Ogah Turun

Rabu, 08 Mar 2017, 15:38:35 WIB Oleh : Hafiz 277 Kali 5 Senjata Paling Mematikan yang Dimiliki Oleh Militer Saudi Arabia

Sabtu, 25 Feb 2017, 09:30:41 WIB Oleh : Hafiz 297 Kali 7 Pekerjaan Remeh Ini Ternyata Bergaji Tinggi di Amerika


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment


Oleh : Heri 7 Nenek Tua ini Tetap Cantik Tanpa Pernah Menyentuh Pisau Operasi Plastik. Wow Banget Ya!! Pada : Rabu, 01 Feb 2017, 22:28:33 WIB 786 Kali

Sebutan nenek seharusnya diperuntukan oleh wanita yang sudah tua dan usianya diatas 50 tahun....


Oleh : Hafiz 7 Fakta VietJet, Maskapai dengan Pramugari Berbikini Seksi yang Bikin Pria Ogah Turun Pada : Minggu, 02 Apr 2017, 10:11:22 WIB 549 Kali

Pengalaman mengudara bersama burung besi raksasa selalu memberi kesan yang jauh lebih menyenangkan...


Oleh : Hafiz Inilah Tokoh Berdarah Asli Minang yang Sosoknya Tergambar Dalam Uang 4 Negara Pada : Sabtu, 18 Feb 2017, 11:59:28 WIB 371 Kali

Satuem.com - Orang Minang selama ini dikenal sebagai suku dengan adat yang tak lapuk dek hujan tak...