Sabtu, 29 Jul 2017, 02:38:34 WIB, 341 View Hafiz, Kategori : Komputer


1. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. Komputer yang memberikan nomor IP disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang meminta nomor IP disebut sebagai DHCP Client. Dengan demikian administrator tidak perlu lagi harus memberikan nomor IP secara manual pada saat konfigurasi TCP/IP, tapi cukup dengan memberikan referensi kepada DHCP Server.

Pada saat kedua DHCP client dihidupkan , maka komputer tersebut melakukan request ke DHCP-Server untuk mendapatkan nomor IP. DHCP menjawab dengan memberikan nomor IP yang ada di database DHCP. DHCP Server setelah memberikan nomor IP, maka server meminjamkan (lease) nomor IP yang ada ke DHCP-Client dan mencoret nomor IP tersebut dari daftar pool. Nomor IP diberikan bersama dengan subnet mask dan default gateway. Jika tidak ada lagi nomor IP yang dapat diberikan, maka client tidak dapat menginisialisasi TCP/IP, dengan sendirinya tidak dapat tersambung pada jaringan tersebut.

Konfigurasi DHCP pada Windows
Berikut ini merupakan langkah – langkah penginstallan dan Konfigurasi DHCP Server. Mungkin dibutuhkan restart pada komputer untuk mendapatkan efek dari perubahan setting DHCP.

Setting  Konfigurasi DHCP Windows XP
 

  • Dari  Start menu, buka Control Panel.
  • Double-klik ikon Network Connections
  • Klik kanan ikon Local Area Connection dan pilih Properties.
  • Pilih Internet Protocol (TCP/IP) dan klik  tombol Properties
  • Pilih  Obtain IP address automatically.
  • Pilih Obtain DNS server address automatically.
  • Klik  OK.  Untuk keluar dari control panel

Setting Konfigurasi DHCP Windows 7

  • Klik Start, Control Panel
  • Pada icon Network dan Internet, klik view network status dan task
  • Selanjutnya Jendela Network dan sharing Center terbuka, klik change adaptor setting
  • Klik Start, Control Panel
  • Pada icon Network dan Internet, klik view network status dan task
  • Selanjutnya Jendela Network dan sharing Center terbuka, klik change adaptor setting
  • Klik kanan pada icon Local Area Connection, pilih properties
  • Double-Klik Internet Protocol (TCP IP) yang ada di dalam kotak dialog Local Area Connection, sampai keluar kotak dialog baru : Internet Protocol (TCP IP) Protocol
  • Klik tombol  Properties
  • Pilih Obtain IP address automatically.
  • Pilih Obtain DNS server address automatically.
  • Klik OK

 

2. DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet.

DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.

DNS adalah (Domain Name System) yang juga memiliki arti untuk mengidentifikasi setiap komputer sebagai titik dalam suatu jaringan Internet yang menggunakan bantuan sistem protokol internet adress untuk menerjemahkan dari suatu nama domain ke IP dan begitu juga sebaliknya. Domain Name System ini merupakan sistem penamaan hirarkis yang nantinya didistribusikan untuk suatu komputer, jasa, atau sumber daya terhubung ke Internet maupun jaringan pribadi.

DNS biasanya digunakan sebuah Layanan Nama Domain untuk menyelesaikan permintaan untuk nama-nama website menjadi alamat IP untuk tujuan menemukan layanan komputer serta perangkat di seluruh dunia.

Menurut Blogger Ecgalery, Sebelum dipergunakannya DNS, jaringan komputer menggunakan HOSTS files yang berisi informasi dari nama komputer dan IP address-nya. Di Internet, file ini dikelola secara terpusat dan di setiap loaksi harus di copy versi terbaru dari HOSTS files, dari sini bisa dibayangkan betapa repotnya jika ada penambahan satu komputer di jaringan, maka kita harus copy versi terbaru file ini ke setiap lokasi.

Dengan makin meluasnya jaringan internet, hal ini makin merepotkan, akhirnya dibuatkan sebuah solusi dimana DNS di desain menggantikan fungsi HOSTS files, dengan kelebihan unlimited database size, dan performace yang baik.

DNS adalah sebuah aplikasi services di Internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address. Sebagai contoh, www untuk penggunaan di Internet, lalu diketikan nama domain, misalnya: yahoo.com maka akan di petakan ke sebuah IP mis 202.68.0.134.

Prinsip Dasar DNS

Domain Name System (DNS) adalah distributed database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address.

Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet. DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon. Dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address.

Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke komputer yang lain, akan menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk mencek host name yang anda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer lainnya.

 

Sumber : https://blognyayogaa.blogspot.co.id



  Tentang Penulis

by : Hafiz
Saye jak urang sempadian, di sambas sinun... hehehe


Kamis, 31 Mei 2018, 09:17:28 WIB Oleh : Hafiz 100 Kali 44 Penyebab Komputer Sering Hang , Cara Mengatasi, dan Menghindari

Selasa, 29 Mei 2018, 12:28:40 WIB Oleh : Hafiz 83 Kali 6 Trik Tersembunyi Dari Windows 10 Yang Wajib Kamu Coba

Selasa, 29 Mei 2018, 12:25:30 WIB Oleh : Hafiz 104 Kali 10 Hal Ini Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Instal Windows 10


Selasa, 29 Mei 2018, 12:00:30 WIB Oleh : Hafiz 89 Kali Sejarah Lengkap Apa Itu Algoritma Sampai Ke Program Dasar

Jumat, 23 Feb 2018, 22:55:09 WIB Oleh : Hafiz 187 Kali Cara Update BIOS Laptop dengan Flashdisk dan WinFlash Utility

Jumat, 23 Feb 2018, 21:51:41 WIB Oleh : Hafiz 140 Kali Blue Screen Pada Saat Menginstall Windows XP


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment


Oleh : Hafiz Definisi, Tujuan, dan Jenis-Jenis Topologi Jaringan Pada : Selasa, 22 Agu 2017, 13:05:33 WIB 915 Kali

1.Definisi Topologi Jaringan Topologi Jaringan adalah suatu aturan atau cara untuk menghubungkan...


Oleh : Hafiz 20 Macam Perangkat Keras Komputer dan Pengertiannya Pada : Selasa, 01 Agu 2017, 15:24:08 WIB 537 Kali

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas mengenai pengertian dan macam-macam perangkat keras...


Oleh : Hafiz Perangkat Network, OSI ( Open Systems Interconnection ) dan Media Jaringan Pada : Rabu, 06 Sep 2017, 07:37:42 WIB 464 Kali

1.Router Router bekerja pada layer 3 (Model OSI) atau layer Network. Pada layer ini disediakan...