Selasa, 14 Feb 2017, 08:40:30 WIB, 270 View Hafiz, Kategori : Komputer


Dengan adanya internet kita bisa dengan untuk mengakses berita terbaru, menambah ilmu pengetahuan, berkomunikasi dengan teman yang jauh di sana, mendapatkan teman yang banyak melalui social media seperti facebook dan masih banyak lagi manfaat dari internet. Namun sebenarnya apa sih itu internet. Kita biasa menggunakannya setiap hari, namun belum semua dari kita tahu apa pengertian internet, dan bagaimana cara kerja internet itu. Bagi kamu yang ingin tahu, silahkan baca ulasan di bawah ini.

Pengertian Internet

Apakah Pengertian Internet itu? Internet sendiri berasal dari kata interconnection-networking, merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Sedangkan pengertian internet menurut segi ilmu pengetahuan, internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks,

grafik, audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja serta dari mana saja, jika dilihat dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat, seperti di dalam lingkungan perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi terkait.

pengertian internet

ilustrasi jaringan internet bekerja

Perkembangan Internet

Pada awalnya internet adalah suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Amerika Serikat pada awal tahun 60 an, pada waktu itu mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer berbasis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Dulunya internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka, dan pada saat ini pengguna internet tersebar di seluruh dunia telah mencapai jumlah lebih dari dua ratus lima puluh juta orang, dan jumlah itu masih akan terus bertambah lagi.

Bertambahnya jumlah pengguna akses internet tersebut memang sangat wajar sekali, saat ini internet bukan hanya digunakan sebagai sarana komunikasi atau pun sarana mencari informasi saja, tetapi juga telah digunakan sebagai sarana untuk mencari uang. Harga tarif akses internet pun saat ini juga telah lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. dan pengguna akses internet pun bukan hanya orang yang berada di wilayah perkotaan saja, orang yang tinggal di pedesaan pun juga dapat mengakses internet.

semoga sedikit penjelasan pengertian internet di atas bisa bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan.



  Tentang Penulis

by : Hafiz
Saye jak urang sempadian, di sambas sinun... hehehe


Kamis, 31 Mei 2018, 09:17:28 WIB Oleh : Hafiz 68 Kali 44 Penyebab Komputer Sering Hang , Cara Mengatasi, dan Menghindari

Selasa, 29 Mei 2018, 12:28:40 WIB Oleh : Hafiz 62 Kali 6 Trik Tersembunyi Dari Windows 10 Yang Wajib Kamu Coba

Selasa, 29 Mei 2018, 12:25:30 WIB Oleh : Hafiz 63 Kali 10 Hal Ini Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Instal Windows 10


Selasa, 29 Mei 2018, 12:00:30 WIB Oleh : Hafiz 66 Kali Sejarah Lengkap Apa Itu Algoritma Sampai Ke Program Dasar

Jumat, 23 Feb 2018, 22:55:09 WIB Oleh : Hafiz 148 Kali Cara Update BIOS Laptop dengan Flashdisk dan WinFlash Utility

Jumat, 23 Feb 2018, 21:51:41 WIB Oleh : Hafiz 100 Kali Blue Screen Pada Saat Menginstall Windows XP


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment


Oleh : Hafiz Definisi, Tujuan, dan Jenis-Jenis Topologi Jaringan Pada : Selasa, 22 Agu 2017, 13:05:33 WIB 856 Kali

1.Definisi Topologi Jaringan Topologi Jaringan adalah suatu aturan atau cara untuk menghubungkan...


Oleh : Hafiz 20 Macam Perangkat Keras Komputer dan Pengertiannya Pada : Selasa, 01 Agu 2017, 15:24:08 WIB 489 Kali

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas mengenai pengertian dan macam-macam perangkat keras...


Oleh : Hafiz Perangkat Network, OSI ( Open Systems Interconnection ) dan Media Jaringan Pada : Rabu, 06 Sep 2017, 07:37:42 WIB 407 Kali

1.Router Router bekerja pada layer 3 (Model OSI) atau layer Network. Pada layer ini disediakan...