Perangkat Network dan OSI ada 5 yaitu Router,Bridge,Switch,Hub,Repeater.

Rabu, 06 Sep 2017, 07:37:42 WIB, 429 View Hafiz, Kategori : Komputer


1.Router

Router bekerja pada layer 3 (Model OSI) atau layer Network. Pada layer ini disediakan protokol yang bertanggung jawab mengatur pengalamatan (adressing) dan penentuan rute (routing). Saat ini sudah dikembangkan pula router yang dapat bekerja pada layer 4 atau layer Transport. Router semacam ini memiliki fungsi tambahan, yaitu firewall.

2.Bridge

Bridge bekerja pada layer 2 (model OSI) atau layer Data link layer ini tidak menyediakan protokol routing dan addresing (disebut alamat logika). Namun bridge dapat mengenali alamat hardware (disebut alamat fisik atau MAC address). Biasany bridge digunakan untuk menghubungkan network dengan menggunakan teknologi sejenis.

3.Switch

Switch juga bekerja pada layer 2. Switch berfungsi sebagai sentral atau konsentrator. Switch dapat dipandang sebagai multiport bridge.

Selain switch tradisional, saat ini sudah dikembangkan MLS atau multilayer switch yang dapat beroperasi pada layer 2 hingga layer 7. Switch semacam ini memiliki beberapa fitur tambahan yang tidak dijumpai pada switch tradisional.

4.Hub

Hub bekerja pada layer 1 (model OSI) atau layer Physical. Hub berfungsi sebagai konsentrator. Namun hub dapat mempelajari alamat hardware sehingga informasi yang datang ke hub diteruskan ke seluruh host. Jadi setiap host akan menerima informasi dari hub. Kondisi semacam ini disebut sebagai banjir broadcast dan sangar mempengaruhi performa network. Saat ini hub sudah sangat jarang dijumpai.

5.Repeater

Repeater bekerja pada layer 1 (model OSI) atau layer phsical. Repeater digunakan untuk memperkuat sinyal agar informasi dapat sampai ke host lain yang lokasinya cukup jauh. Saat ini repeater sangat jarang dipasarkan, apalagi saat ini harga switch sudah semakin terjangkau.

 

Media Jaringan

 

Penggertian Kabel UTP

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah jenis kabel ini terbuat dari bahan penghantar tembaga, mempunyai isolasi dari plastik & terbungkus oleh bahan isolasi yang dapat melindungi dari api dan juga kerusakan fisik tetapi tidak memiliki pelindung dari interferensi elektromagnetik, namun jenis kabel ini banyak digunakan karena harga yang relatif murah dan fungsinya yang memang sudah sesuai dengan standar yang diharapkan., kabel UTP sendiri terdiri dari 4 pasang inti kabel yang saling berbelit dimana masing-masing pasang mempunyai kode warna berbeda.

Fungsi Kabel UTP

Fungsi kabel UTP adalah digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.

Karakteristik Kabel UTP adalah:

  • Bagian dalam kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) terdiri dari dua kawat tembaga yang dibagi menjadi 4 pasang (pair), lalu dipilin menjadi satu.
  • Tiap-tiap pair atau dawai kawat tembaga dilapisi insulator yang memiliki warna-warna unik.
  • Kecepatan dan keluaran transmisi mencapai 10 – 100 Mbps.
  • Panjang Kabel UTP maksimal yang diizinkan yaitu 100 meter (pendek).
  • Tegangan Kabel 150 ohm.
  • Kabel jaringan UTP (Unshielded Twisted Pair) hanya bisa menangani satu kanal data (yang bekerja pada baseband).
  • Instalasi jaringan komputer menggunakan kabel Twisted Pair membutuhkan sebuah hub untuk membangun sebuah LAN yang baik.
  • Konektor kabel jaringan UTP (Unshielded Twisted Pair) menggunakan konektor RJ-45 untuk koneksinya.

Kerusakan yang terjadi pada salah satu saluran kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) tidak akan mengganggu jaringan secara keseluruhan. 

PENGERTIAN KABEL STP

Kabel STP adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel,Kabel STP juga digunakan untuk jaringan Data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferensi.

Fungsi Kabel STP

Fungsi Kabel STP adalah sebagai media transmisi yang digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti : telepon, komputer, televisi dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya. 

 

Sumber : infoit2017.wordpress.com



  Tentang Penulis

by : Hafiz
Saye jak urang sempadian, di sambas sinun... hehehe


Kamis, 31 Mei 2018, 09:17:28 WIB Oleh : Hafiz 82 Kali 44 Penyebab Komputer Sering Hang , Cara Mengatasi, dan Menghindari

Selasa, 29 Mei 2018, 12:28:40 WIB Oleh : Hafiz 72 Kali 6 Trik Tersembunyi Dari Windows 10 Yang Wajib Kamu Coba

Selasa, 29 Mei 2018, 12:25:30 WIB Oleh : Hafiz 80 Kali 10 Hal Ini Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Instal Windows 10


Selasa, 29 Mei 2018, 12:00:30 WIB Oleh : Hafiz 73 Kali Sejarah Lengkap Apa Itu Algoritma Sampai Ke Program Dasar

Jumat, 23 Feb 2018, 22:55:09 WIB Oleh : Hafiz 164 Kali Cara Update BIOS Laptop dengan Flashdisk dan WinFlash Utility

Jumat, 23 Feb 2018, 21:51:41 WIB Oleh : Hafiz 112 Kali Blue Screen Pada Saat Menginstall Windows XP


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment


Oleh : Hafiz Definisi, Tujuan, dan Jenis-Jenis Topologi Jaringan Pada : Selasa, 22 Agu 2017, 13:05:33 WIB 879 Kali

1.Definisi Topologi Jaringan Topologi Jaringan adalah suatu aturan atau cara untuk menghubungkan...


Oleh : Hafiz 20 Macam Perangkat Keras Komputer dan Pengertiannya Pada : Selasa, 01 Agu 2017, 15:24:08 WIB 513 Kali

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas mengenai pengertian dan macam-macam perangkat keras...


Oleh : Hafiz Perangkat Network, OSI ( Open Systems Interconnection ) dan Media Jaringan Pada : Rabu, 06 Sep 2017, 07:37:42 WIB 430 Kali

1.Router Router bekerja pada layer 3 (Model OSI) atau layer Network. Pada layer ini disediakan...