Kedengarannya mengada-ada, tapi prospek jurusan ini gak bisa dipandang sebelah mata!

Selasa, 08 Agu 2017, 19:48:22 WIB, 136 View Hafiz, Kategori : Nasional


Ada yang unik dalam pidato Pak Jokowi pada acara peluncuran program pendidikan vokasi di kawasan Greenland International Industrial Center, Karawang, Bekasi, beberapa waktu lalu.

Di sela-sela kritikan dan pesannya kepada Mendikbud terkait dengan jurusan di SMK yang terlalu umum dan kurang selaras dengan permintaan industri saat ini, Pak Jokowi menyarankan dibukanya jurusan-jurusan baru yang lebih spesifik dan lebih relevan dengan perkembangan zaman, salah satu contohnya adalah jurusan animasi dengan spesialisasi khusus membuat… meme.

Entah memang sungguh-sungguh atau cuma guyon belaka, biar bagaimanapun usulan pak Jokowi ini begitu menarik dan patut kita telaah baik-baik. Saat ini kita mungkin hanya menganggap meme sebagai hiburan sesaat dan tak berpengaruh jangka panjang. Namun, jika nantinya pak Jokowi benar-benar merevolusi jurusan di SMK dengan membuka jurusan-jurusan baru seperti spesialisasi pembuat meme, pastinya akan ada banyak hal-hal menarik yang akan terjadi, contohnya seperti di bawah ini.

1. Bakal jadi jurusan unggulan di SMK

SMK adalah tempat dilahirkannya muda-mudi yang ketika lulus nanti sudah punya skill memadai untuk langsung terjun ke lapangan pekerjaan serta memungkinkan mereka melewatkan opsi untuk menimba ilmu pendidikan lanjutan di perguruan tinggi. Beberapa jurusan yang paling banyak digemari di SMK di antaranya adalah teknik otomotif, teknik informatika dan jaringan, farmasi, hingga tata boga.

 

Jurusan Meme + Guru Cantik = Garansi masuk kelas 100 persen!

Seandainya pemerintah membuka jurusan “teknik meme” kuat diprediksi kalau jurusan ini akan kelebihan peminat. Apa pasal? Banyak remaja yang begitu tertarik menciptakan meme dan mengunggahnya ke internet. Tengok saja situs MCI atau 1cak, dan situs meme populer buatan Indonesia lainnya. Di sana banyak berkumpul remaja belasan tahun yang aktif sebagai pengunggah atau komentator. Mungkin mereka akan lebih tertarik menekuni jurusan yang lebih mereka yang begitu digandrungi dan dekat dengan kehidupan mereka saat ini.

2. Menjadi kreator meme bisa bikin tajir melintir

Lebih dari sedekade lalu, tak ada yang menyangka bahwa kita dapat memanen rupiah “hanya” dengan menunggah video di YouTube atau menjadi seorang buzzer di Twitter. Hal yang sama bisa juga berlaku pada bisnis meme. Memang sih, saat ini sebagian besar orang mengunggah meme tanpa mengharap pamrih alias hanya sukarela.

 

SMK bisa langsung kerja, lho!

Namun, kondisi itu bisa berubah drastis seandainya pemerintah resmi membuka jurusan meme. Bisnis per-meme-an bakal dipandang serius dan dijadikan mata pencaharian tetap oleh banyak orang. Entah itu di situs khusus meme atau media sosial pada umumnya, lambat laun akan ada banyak entitas bisnis yang tertarik untuk membentuk divisi khusus yang merekrut seorang kreator meme untuk memperkenalkan produk-produk mereka dengan cara yang jenaka dan kekinian. Metode yang belakangan dinilai cukup ampuh memasarkan suatu produk dagangan.

Jika sudah begitu, jangan kaget kalau kreator meme bisa punya gaji yang setara dengan seorang vlogger atau youtuber. Tahu sendiri kan berapa pemasukan youtuber yang sudah punya nama. Konon, dalam sebulan uang yang masuk ke rekening mereka bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah!

3. Masuk “Legend” di 1cak atau bahkan “Hot” di 9gag secara reguler

Berbeda dengan kreator meme lain yang cuma iseng-isengan bikin meme, skill para siswa SMK jurusan “teknik meme” dalam menciptakan gambar-gambar kocak akan terus diasah secara terorganisir setiap harinya. Mereka bakal mempelajari banyak kiat dan siasat khusus terkait dunia meme. Kemampuan khusus yang digembleng sedemikian rupa ini bakal sangat berguna ketika diaplikasikan di situs meme.

 

Meme tuh dibacanya “mim” bukan “me-me” -_-

Entah itu ketika bikin meme kocak soal kehidupan SMK, kisah percintaan para remaja, kehidupan remaja suram kos-kosan, hingga meme politik berbau satir. Pokoknya bermacam-macam deh.

Bukan mustahil jika nyaris setiap unggahan mereka akan senantiasa mendapat banyak like dan masuk kategori legend, kasta teratas bagi para kreator meme dengan konten yang berkualitas dan banyak disukai di 1cak atau bahkan sesi “Hot”, yakni kategori terbaik yang terdapat di situs meme internasional, 9gag. Tentu ini menjadi hal yang bisa dibangga-banggakan di hadapan sahabat kelas mereka.

Siapa tahu dengan begitu, mereka pun dapat memperkenalkan budaya Indonesia lewat format meme dan secara tidak langsung telah mengharumkan nama bangsa.

4. Bintang meme baru bakal bermunculan

Di luar lingkungan SMK itu sendiri, perubahan akan ikut membuntuti. Ketika sarana dan prasarana bisnis meme sudah mulai menunjukkan kepastian, tentunya para kreator meme akan memerlukan seorang figur atau tokoh tambahan yang bisa dijadikan referensi atau “model” untuk meme mereka.

 

Bintang meme paling greget.

Bintang-bintang meme yang telah eksis hingga saat ini, biasanya dibentuk dan dibikin tenar oleh warganet sendiri yang memang pada dasarnya usil, kreatif, dan untuk memenuhi unsur kebutuhan hiburan sehari-harinya.

Nah, seiring dengan semakin menjanjikannya bisnis meme, akan banyak bermunculan tokoh atau figur, entah itu dari dalam maupun luar dunia hiburan, yang secara terencana menjadikan wajah, pose, atau kutipan mereka sebagai bagian dari meme yang digunakan dalam kadar reguler. Hal ini akan sangat berguna sebagai ajang promosi untuk semakin melambungkan nama mereka.

5. Magang di website meme terkenal

Ketika anak otomotif magang di bengkel, anak IT magang di toko komputer, anak meme juga punya tempat magang, ya di mana lagi kalau bukan di situs meme. Seiring dengan bisnis meme yang semakin kokoh di tanah air, tentunya kesempatan magang ini akan semakin meluas ke bidang-bidang yang mungkin belum terpikirkan oleh kita saat ini.

 

Ini nih tempat impian magang para siswa SMK jurusan meme kelak.

Nah, siapa tahu seorang siswa/siswi SMK jurusan meme yang berprestasi bisa mendapat kesempatan untuk magang di kantornya 1cak atau 9gag, misal sebagai admin. Di sana mereka bisa bekerja sebagai “kurator” yang menyaring setiap konten yang diunggah oleh pengguna. Jangan salah loh, ada banyak sekali konten tak senonoh, biasanya digolongkan sebagai konten “NSFW”, yang masuk ke situs mereka. Gak tau apaan itu NSFW? Googling gih, tapi buat cowok siapin tisu, ya!

Jika dipikir-pikir, ada benarnya apa yang dikatakan oleh Pak Jokowi. Kurikulum pendidikan Indonesia mesti disesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini. Utamakan agar siswa mendapat asupan pelajaran yang memang penting dan bakal berguna bagi kehidupan mereka kelak. Jangan sampai kualitas pendidikan kita jalan di tempat dan bahkan oleh negara tetangga kita seperti Singapura atau Malaysia saja kita tertinggal.



  Tentang Penulis

by : Hafiz
Saye jak urang sempadian, di sambas sinun... hehehe


Kamis, 16 Nov 2017, 14:41:51 WIB Oleh : Hafiz 39 Kali Wow, Indonesia masuk 3 besar negara dengan wisatawan digital terbesar

Kamis, 16 Nov 2017, 14:36:16 WIB Oleh : Hafiz 37 Kali Indonesia runner up destinasi favorit wisatawan muslim milenial

Kamis, 16 Nov 2017, 13:28:15 WIB Oleh : Hafiz 40 Kali Angka Kemiskinan di Jakarta Diklaim Paling Rendah di Indonesia


Selasa, 10 Okt 2017, 16:32:00 WIB Oleh : Hafiz 80 Kali Inilah Kabar Terbaru Militer Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Makin Bangga dengan NKRI

Selasa, 08 Agu 2017, 19:48:22 WIB Oleh : Hafiz 137 Kali Seandainya SMK Punya Jurusan Meme Sesuai Usulan Pak Jokowi, ini yang Bakal Terjadi


Silahkan Buat akun atau Login untuk Berkomentar dari web!

0 Comment


Oleh : Hafiz Menguak Relief Lidah Api Monas yang Diduga Merupakan Nyi Roro Kidul Pada : Kamis, 23 Feb 2017, 20:24:52 WIB 596 Kali

Satuem.com - Dari sekian banyak tempat di Jakarta, Monas bisa dibilang yang paling terkenal....


Oleh : Hafiz 12 Pemimpin Perang Terbaik di Asia Sepanjang Masa yang Disegani Dunia Pada : Sabtu, 25 Feb 2017, 12:21:23 WIB 316 Kali

Satuem.com - Seperti keberadaan seorang kapten dalam tim sepak bola, sepenting itulah eksistensi...


Oleh : Hafiz Inilah Kekuatan Militer yang Pernah Membuat Indonesia Menjadi Macan Asia Pada : Jumat, 17 Feb 2017, 19:12:04 WIB 310 Kali

Satuem.com - Di era 1960an pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, Indonesia pernah ditakuti oleh...